Sabtu, 06 Februari 2010

Komponen motor

disalin dari motorplus-online.com
3116m+-award-(-vega-r-)-1.jpgKomponen Yamaha Vega R seperti pohon kelapa. Beberapa part bisa dipakai motor lain dan bisa menghemat kantong. Meski sudah stop produksi, tapi enggak tahunya masih bermanfaat. Terutama, untuk kuda besi yang semerek alias sama-sama berlabel garputala.

Sipnya lagi komponen Vega bisa jadi alternatif, enggak cuma buat motor harian, bahkan ada yang bisa dipakai untuk kebutuhan kompetisi alias balapan.

Jadi, part bebek Vega R yang motornya sudah stop produksi akan tetap diincar konsumen roda dua. Terutama pemilik garputala, karena sudah menjadi pohon kelapa.

KAMPAS KOPLING

Kampas kopling generasi Vega R bisa tukar pasang dengan generasi bebek lain, termasuk Jupiter-Z dan Vega ZR. Bahkan, kampas kopling Vega juga enggak masalah dipakai untuk generasinya Force-1. Banderolnya bisa hemat sekitar Rp 5.000 dibanding punyanya Jupiter-Z atau Force-1. "Tinggal pasang, tanpa banyak ada perubahan," bilang Miekel, bos MC Racing, Kebon Jeruk, Jakarta Pusat.

Bahkan, ada generasi Vega yang bareng dengan generasi awal Jupiter-Z punya material kampas kopling sip. Ada kandungan logam yang tahan temperatur tinggi.

KAMPAS REM DEPAN

Pastinya kampas rem depan banyak dipakai pengguna Yamaha V-ixion. Padahal kelas V-ixion termasuk menengah-atas yang berbeda dengan Vega. "Harganya lebih murah punya Vega dan gampang dapatin yang genuine-nya," beber Billy Fanna, Ketua Yamaha V-ixion Club, Jakarta.

Di pasaran kampas rem teromol belakang Vega dibanderol Rp 40 ribu, sedang punya V-ixion Rp 70 ribu. Ini harga genuine. Artinya, selisih 25 ribu lebih murah dibanding V-ixion.

GIGI SENTRIK

Gigi sentrik keteng salah satu komponen Vega yang banyak dipakai untuk kompetisi. Bukan cuma untuk balap resmi, pelaku balap liar pun juga memanfaatkan gir noken-as Vega ini.

Kemudahan kalau yang sudah pakai gigi sentrik Vega dipakai kalau sudah papas head sekitar 1 mm. Tujuan mapas kepala silinder untuk menaikan kompresi.

Kalau sudah begini, pilihannya gigi sentrik Vega yang dibutuhkan karena rantai ketengnya Vega lebih pendek 2 mata dibanding punya Jupiter-Z.

FILTER UDARA

Komponen filter Vega jadi alternatif untuk pengguna Yamaha Jupiter MX 135LC. Lebih murah Rp 10 ribu filter Vega dibanding punya MX. "Memang ada yang pakai, tapi mesti ada modifikasi sedikit supaya filter Vega masuk ke boks filter MX 135," bilang Ali, punggawa dari Yamaha MX Club Indonesia (YMCI), Jakarta.

Perbedaannya sih saringan udara Vega berbahan dasar busa. Sedangkan MX 135 model filter kertas. Silakan potong kertas filternya MX 135 yang akhirnya tersisa rangkanya aja. Masukin deh filter Vega.

KAMPAS REM BELAKANG

Giliran peranti cietnya Vega. Mirip pecun alias jablai atau perempuan malam. Generasi bebek garputala bisa memakainya dari Yamaha Force-1, Jupiter-Z, sampai Vega ZR.

Selisih harga memang tipis. Paling enggak lebih dari Rp 5 ribu perak. Tapi, kabarnya sih brake pad punya Vega yang genuine jauh lebih mudah ditemui di pasaran.

Alasannya jelas dong kenapa komponen Vega lebih banyak. Penjualan Vega series lebih tinggi di bebek 4-tak garputala sendiri.

PENGAPIAN ALTERNATIF

Pengapian Vega pastinya sudah lebih dulu dikenal di eranya 4-tak dipegang Teten, mekanik yang sempat melejit lima tahun lalu, dari Cirebon. CDI Vega dikenal unlimiter alias putaran mesin sanggup menjerit lebih kencang dibanding CDI orisinalnya Jupiter-Z.

Koilnya jadi satu paket dengan CDI yang sempat banyak dipakai untuk pengguna road race. Sekarang menular di kalangan balap liar alias bali.

Penulis/Foto : Niko/Dok. MOTOR Plus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FEEDJIT Live Page Popularity

sejak 22 03 2010

Opo yo ?