Sabtu, 06 Februari 2010

Adaptor power 5V DC

disalin dari kerjainsendiri.com


Untuk mendapatkan 5 Volt DC tanpa membeli adaptor baru yang tentunya sangat mahal - karena 5VDC ini tidak biasa dipakai oleh peralatan elektronik rumah tangga. Biasanya adaptor dipasaran itu bisa mengkasilkan 3,6,7.5,9,dan 12Volt saja. So bagaimana jika kita tetep membutuhkan 5V DC. Berdasarkan pengalaman saya, 5VDC bisa didapatkan dengan 3 cara,
  1. -memakai dioda zener, karena arusnya kecil maka saya tidak akan membahasnya.
  2. -memakai rangkaian converter. Jika kita mempunyai sumber (power supply DC) 9 Volt sampai dengan 24 Volt, maka kita bisa manfaatkan untuk menghasilkan 5 Volt DC dengan sedikit komponen, dimana komponen tersebut murah dan bisa mudah didapatkan ditoko elektronik terdekat.

    Daftar komponen:
    1. IC 7805 (1pce)
    2. Electronic Condensator 100uF/16V (2pcs) Alat-alat:
    1. Solder
    2. Timah solder secukupnya
    Langkah kerja:
    Rangkailah semua komponen diatas sesuai gambar. Lalu hubungkan dengan Adaptor 9 volt sampai dengan 24 Volt, atau bisa juga dihubungkan dengan Accumulator/Aki kendaraan bermotor.
  3. -Memanfaatkan kabel USB. Kupas ujung kabel USB, maka kita akan mendapatkan 4 kabel warnawarni, gunting kabel warna hijau dan putih, mohon dibedain panjangnya biar ketika di isolasi tidak terjadi hubungan singkat. Kabel merah adalah sumber 5V DC dan kabel hitam itu Ground. Lihat gambar dibawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FEEDJIT Live Page Popularity

sejak 22 03 2010

Opo yo ?