Rabu, 13 Januari 2010

Yamaha V-ixion Perpaduan CBR 1000 dan BMW 1000

>>> Otomotif.KOMPAS.com

Sangat beruntung Hendri Samudra kenal baik sama pemodifikasi Jeni Ramdhani, pemilik Purnama Motor. Kalau tidak, mungkin akan "perang hebat" bersama istri tercintanya, Yanti Haryanti. Pemicunya, soal modifikasi.

Hendri ingin Yamaha V-ixion produksi 2006 punyanya dirombak model replika BMW 1000 RR, sementara istri yang juga hobi modifikasi ingin besutan seperti Honda CBR 1000 RR. Begitu yang disampaikan Jeni.

Akhirnya, Jeni memberi solusi jitu. Ia mengusulkan menggabungkan dua keinginan (konsep) tersebut pada V-ixion dan diterima. Builder asal Banjar itu coba membagi rata dengan menonjolkan ciri yang kuat dari BMW 1000 RR dan Honda CBR 1000 RR.

Seperti desain jok ganda (double sitter) yang sangat kental dengan model CBR 1000 RR. Sedangkan tangki bensin, lengan ayun, hornet, dan sepatbor depan, jelas taste BMW. Hanya, faktor kesulitan dialami Jeni menyangkut desain tangki karena pemilik ingin aslinya jangan sampai diubah.

Bukan Jeni kalau tidak bisa mengatasinya. Caranya, desain tangki dibuatkan kondom agar, selain tangki asli masih dipertahankan, juga memudahkan standardisasi dan perawatan. Meski demikian, prosesnya diakui lumayan ribet karena harus dibagi dalam empat bagian (atas samping kanan dan kiri). Kemudian dudukan dibuatkan di bagian bawah tangki.

Kemudian bagian bawah samping kanan-kiri menyatu dengan tutup aki. "Hal terpenting sebelum pemasangan kondom tangki adalah melapisi tangki asli dengan isolasi rapat pada semua bagian," jelas Jeni yang dibantu Kang Ade sebagai peracik fiber.

Saat membentuk fiber, Kang Ade menggunakan tanah liat sebagai media desain. Langkah seperti ini banyak dilakukan desainer motor dari Eropa. Keuntungannya, menurut Ade, selain memudahkan kerja karena tekstur liat itu sangat elastis dan mudah dibentuk seperti apa pun. Hasilnya pun optimal.

Akhirnya, Hendri dan Yanti puas dengan garapan Jeni. (Uung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FEEDJIT Live Page Popularity

sejak 22 03 2010

Opo yo ?